Sabtu , 8 Mei 2021

Berbagi Ilmu UKM Sukses Untuk Kembangkan Jiwa Wirausaha

Jember, 28 November 2011. Selama 3 hari berturut-turut tanggal 22-24 November minggu lalu, Dinas Koperasi, UMKM Kab. Jember memfasilitasi penyelenggaraan pelatihan ketrampilan dari Dinas Koperasi, UMKM Provinsi di Balai Diklat Yayasan Bina Insani Jl. Mastrip Jember. Kurang lebih 50 peserta diundang tiap harinya. Sasarannya adalah para UKM di lingkungan budidaya industri tembakau Kabupaten Jember

Hari pertama panitia mendatangkan pengusaha sukses dari Surabaya yaitu ibu Yunita Wijaya, SE pemilik “Bejana Handicraft & Souvenir” untuk berbagi ketrampilan tentang pembuatan “Glass Printing” . Peserta mendapatkan bantuan peralatan melukis di kaca berupa toples dan cat agar bisa langsung mempraktekkan kreasinya masing-masing.

Pada hari ke-dua pengusaha jamu dan aneka produk olahan dari sari tumbuhan obat “Togavitan”Ir. Asih S.MM diundang untuk bersama-sama mempraktekkan pembuatan “makanan kesehatan” manisan kunyit putih. Melalui pemaparannya, beliau membuka wawasan para UKM bahwa jamu / herbal yang bahan bakunya sangat mudah kita peroleh bisa menjadi produk industri yang sangat potensial untuk mendulang rupiah. Terbukti dengan usaha jamu yang beliau tekuni sekarang ini telah mampu menembus pasaran lokal maupun luar negeri .

Pada hari terakhir, ketrampilan yang diajarkan adalah pembuatan cendramata berupa gerabah yang disampaikan oleh H. Syamsul Arifin pemilik “Cenderamata Keramik” pengusaha dari Dinoyo Malang . Peserta juga mendapatkan bantuan berupa peralatan alat pembuat gerabah.

Pemberian bantuan peralatan ketrampilan seperti toples, cat, peralatan memasak jamu, alat pembuat gerabah, dll dimaksudkan agar peserta bisa mempraktekkan ilmu yang didapat dan jiwa kewirausahaan semakin tumbuh sehingga mereka mampu mengembangkannya menjadi usaha baru.

Sepertihalnya yang disampaikan Moh. Syahrul Hartono, SE Kasi UKM Dinas Koperasi, UMKM Kab. Jember bahwa : “Pelatihan ini untuk menumbuhkan jiwa entrepreneurship para UKM”. Melalui pelatihan ini masyarakat akan mendapatkan transfer ilmu dari UKM sukses sehingga tercipta wirausaha baru dan diharapkan akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat khususnya di lingkungan budidaya industri tembakau di Kabupaten Jember.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *