Jumat , 18 Juni 2021

Bimbingan Teknis Percepatan RAT Koperasi Wanita se Kab. Jember

Jember, 28 November 2012. Rapat anggota merupakan kekuasaan tertinggi di tata kehidupan koperasi yang berarti berbagai persoalan mengenai suatu koperasi hanya ditetapkan dalam Rapat Anggota Tahunan. Di sini para anggota dapat berbicara, memberikan usul dan pertimbangan, menyetujui suatu usul atau menolaknya, serta memberikan himbauan atau masukan yang berkenaan dengan koperasi.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) diadakan paling sedikit sekali dalam setahun, ada pula yang mengadakan dua kali dalam satu tahun, yaitu satu kali untuk menyusun rencana kerja tahun yang akan datang dan yang kedua untuk membahas kebijakan pengurus selama tahun yang lampau. Sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi, rapat anggota mempunyai wewenang yang cukup besar.

Sedemikian pentingnya Rapat Anggota tahunan (RAT) diadakan, maka sebagai langkah awal untuk persiapan percepatan RAT (Rapat Anggota Tahunan) Koperasi Wanita se Kab. Jember, Dinas Koperasi Kab. Jember melakukan bimbingan teknis terhadap 248 anggota pengurus Koperasi Wanita. Pada tanggal 26-28 November 2012.
Materi yang di sampaikan meliputi :

  1. Pelatihan Pembuatan Laporan keuangan,
  2. Pengendalian permasalahan Internal Koperasi,
  3. Kewirausahaan,

Menurut pemaparan Ibu Ajeng (Kepala Bidang Kelembagaan dan Bina Usaha Koperasi) tujuan Bimbingan Teknis Persiapan RapatAnggota Tahunan (RAT) ini adalah agar tiap koperasi wanita di Kab. Jember memiliki persiapan yang lebih matang dan mampu melaksanankan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tepat waktu sesuai dengan jadwal yang di agendakan.

Para peserta pelatihan yang memaparkan bahwa mereka banyak terbantu dengan adanya pelatihan Bimbingan teknis Persiapan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ini, terutama dalam hal pelaporan keuangan. Akuntabilitas keuangan merupakan hal pokok untuk menjadi evaluasi apakah koperasi tersebut sehat atau malah kritis.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *