Senin , 2 Agustus 2021

Bupati Jember Membuka Webinar Puslitkoka “Pemulihan Ekonomi Masyarakat Melalui Hilirisasi Kopi dan Kakao”

Hi #sobatKUMKM, kali ini Bupati Jember Hendy Siswanto berkesempatan membuka membuka webinar yang diadakan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka) bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember yang mengangkat tema “Pemulihan Ekonomi Masyarakat melalui Hilirisasi Kopi dan Kakao” via zoom di Pendopo Wahyawibawagraha, Kamis (15/07/2021).
Dalam sambutannya Bupati Hendy menyatakan Kabupaten Jember dengan topografinya memiliki potensi untuk ditanami bermacam jenis tanaman pangan dan holtikultura maupun perkebunan, termasuk diantaranya kopi dan kakao.
Berdasarkan data yang ada Jember memiliki luas area tanaman kopi 4.658ha dengan produksi mencapai 2.369 ton pertahun.
Berbagai kendala yang saat ini dihadapi menurut Bupati juga menjadi tugas Pemerintah Kabupaten agar petani dapat memiliki nilai tambah dan skill yang mampu mengikuti perkembangan pasar saat ini.
Narasumber-narasumber yang memaparkan materi langsung dari ahlinya antara lain Arismaya Parahita, S.P. (Kepala Dinas
Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember), Hendy Firmanto, S.T. MSc. (Manager CCSTP), Edy Suharyanto, S.TP., M.P. (Kasubbag. Produksi Alsin dan Produk Hilir Puslitkoka). Webinar ini dimoderatori oleh Fakhrusy Zakariyya, SP., MSc. (Peneliti Puslitkoka).
Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur PT Riset Perkebunan Nusantara, Kepala Dinas seluruh Indonesia baik Provinsi dan Kabupaten, Dekan Fakultas Mitra MBKM, Perbankan, MCB Malaysia dan SICAP Filipina, LSM, prosesor, pebisnis kafe, serta petani kopi dan kakao di Indonesia.
Adapun Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan teknologi dan program untuk berkontribusi dalam pengembangan kopi dan kakao secara nasional, mensosialisasikan inovasi teknologi proses pengolahan kopi dan kakao skala UMKM sebagai inovasi unggul serta memberikan gambaran mengenai potensi agribisnis hilir kopi dan kakao.
Harapan kedepan, puslitkoka bisa menghasilkan inovasi teknologi dan bersinergi dengan stakeholders untuk mendukung pengembangan perkebunan kopi dan kakao Indonesia sehingga melalui hal tersebut dapat meningkatan ekonomi masyarakat dan petani kopi dan kakao di seluruh Indonesia
Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *