Sabtu , 8 Mei 2021

Diskop Jember Usulkan 2 Calon Penerima UMKM Award 2013

Jember, 10 Mei 2013. Pelaku UKM di Jawa Timur merupakan representasi riil dari gambaran aktivitas usaha ekonomi yang dijalankan oleh kebanyakan masyarakat Jawa Timur, jumlahnya mendominasi 99,86 % menyebar di seluruh pelosok wilayah desa sampai kota, dan mengakar di masyarakat sehingga menjadi pilar perekonomian di daerah

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan perhatian sekaligus penghargaan kepada UMKM yang memiliki potensi dan berprestasi dan telah memberikan kontribusi positif bagi perekonomian berupa penghargaan UMKM Award (Parasamya Kertanugraha) yang tahun ini sudah ke 4 kalinya dilaksanakan. Empat kategori penghargaan yang diberikan yaitu Perintis, Pelestari Budaya, Wirausaha Muda dan Wirausaha Perempuan.

2 calon telah diusulkan oleh Diskop Jember yaitu Ir. Iriane Chairini (Rumah Batik Rolla), Jl. Mawar No. 75 kec. Patrang dan Abdul Rosyid (UD. Sejahtera), Serut Karanganom Kec. Panti . Kedua orang ini dinilai memenuhi kreteria sebagai Pelestari Budaya dan Wirausaha Muda.

Rumah Batik Rolla merupakan UKM yang memproduksi Batik Tulis Jember dengan omset lebih dari 1,5 M, karyawan 76 orang dan sudah dikelola secara profesional baik produksi, manajemen maupun pemasarannya. Motif batik tulis yang dibuat menampilkan ciri khas icon icon Kota Jember diantaranya tembakau, buah naga, dan JFC. UKM ini dinilai telah mampu melestarikan budaya sehingga berdampak terangkatnya kembali produk etnik tradisional dan berpengaruh terhadap pola konsumsi serta lifestyle masyarakat Jember

Sedangkan UD Sejahtera merupakan usaha yang memproduksi peralatan rumah tangga. Dengan omset yang sudah berkembang menjadi 5,5 M dan karyawan 48 orang pemuda, UKM ini telah menjadikan Abdul Rosyid menjadi wirausaha yang berhasil menggerakkan pemuda khususnya di Dsn Serut Karanganom Panti. Penghargaan juga pernah diraih UKM ini yaitu di tahun 2007 sebagai Juara Harapan II di penghargaan yang sama.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *