Kamis , 25 Februari 2021

Galakkan Penerbitan SKU Melalui Pelayanan Mobil Bisnis

Jember, 20 Januari 2011. Masyarakat menyambut antusias penyuluhan, pelatihan dan sosialisasi yang digalakkan Klinik UMKM menggunakan sarana mobil bisnis Dinas Koperasi. Respon UKM yang mengikuti kegiatan ini sangat positif apalagi dibarengi dengan pemberian Surat Keterangan Usaha (SKU) secara gratis.

Kegiatan ini merupakan wujud salah satu program Dinas Koperasi Tahun Anggaran 2012 yaitu Pengembangan Sistem Pendukung Usaha Bagi UMKM melalui kegiatan Pemberdayaan UMKM Terpadu yang berdasar pada Peraturan Bupati Nomor 13 Tahun 2011 tanggal 1 April 2011 tentang pemberian SKU legalitas UMKM secara gratis.

Kamis (12/1), kali pertama Tim Mobil Bisnis yang terdiri dari Klinik UMKM, UKM sukses, dan pendamping dari Dinas Koperasi mengunjungi Pendopo Kelurahan Bintoro Kecamatan Patrang, memberikan pelatihan dan pembuatan SKU pada 27 UKM yang datang. Kali ini materi pelatihan yang diberikan adalah kewirausahaan ketrampilan membatik dan pembuatan mie ayam.

Untuk kedua kalinya Kamis (20/1) kemarin kegiatan dilakukan di Pendopo Kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates. 22 UKM di daerah ini mendapat pelatihan kewirausahaan dan ketrampilan membatik.

Materi disampaikan oleh nara sumber dari Klinik UMKM Drs. Lukman Ekana Putra, Psi dari BDS Utama Bhakti Consultan, UKM Rumah Batik Rolla Jl. Mawar 75 Jember dan pendamping dari Dinas Koperasi.

Sebagai stimulan kegiatan yang dilakukan, peserta mengharapkan adanya bantuan Modal Hibah dari Pemerintah yang dibarengi dengan pelatihan yang berkelanjutan.

UMKM di seluruh wilayah Kabupaten Jember akan secara bergiliran dikunjungi Tim Mobil Bisnis ini. Dijadualkan setiap hari kamis penyuluhan, pelatihan dan sosialisasi akan dilakukan dengan harapan UMKM yang ada memiliki legalitas usaha dan ketrampilan yang cukup.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *