Sabtu , 16 Oktober 2021

Jember, Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2012

Jember, 11 Desember 2012. Kementerian Koperasi dan UMKM memberikan penghargaan kepada Kab/Kota yang telah berhasil dalam upaya pemberdayaan koperasi di wilayahnya dalam rangka penciptaan lapangan kerja dan penurunan angka kemiskinan secara bertahap dan berkelanjutan. Jember adalah salah satu Kabupaten yang ditetapkan sebagai Kabupaten Penggerak Koperasi Tahun 2012 dan akan menerima penghargaan dengan peringkat “Paramadhana Utama Koperasi”.

Kabupaten / Kota lain yang juga akan menerima penghargaan sebagai Kab/ Kota Penggerak Koperasi Tahun 2012 diantaranya adalah Kota Bengkulu, Kab. Temanggung, Kab. Ngada, Kab. Pacitan, Kab. Kulonprogo, Kab. Probolinggo,Kab. Kediri, Kota Semarang, Kab. Mojokerto, Kab. Brebes, Kota Pekanbaru, Kab. Bondowoso, Kab. Manggarai Timur, Kota Bontang, Kota Salatiga, Kota Pangkal Pinang, Kab. Gunung Kidul, dan Kab. Nganjuk

Penyerahan penghargaan ini dijadualkan besok pada hari Senin tanggal 17 Desember 2012 oleh Menteri negara Koperasi dan UMKM di Hotel Mercure Ancol Pukul 08.30. Sehari sebelumnya Kab/Kota penerima penghargaan juga diundang untuk mengikuti Workshop Kebijakan dan Program Pemberdayaan Koperasi dan UKM di Hotel Bumi karsa Bidakara Jakarta Selatan.

Jember dinilai pantas mendapatkan penghargaan ini karena telah memenuhi kreteria-kreteria yang ditetapkan yaitu dalam hal peran dan implementasi keberpihakan Pemerintah Daerah dalam pemberdayaan koperasi. Peran Pemkab diantaranya dalam hal kebijakan yang didukung oleh alokasi APBD, sarana dan prasarana fisik untuk gerakan koperasi, pemberian legalitas Badan Hukum koperasi, dan pelayanan prima yang mudah, murah dan cepat bagi koperasi. Hal itu diimplementasikan melalui langkah-langkah kongkret diantaranya : pemberian peluang usaha kepada koperasi dalam pengadaan barang / jasa, pembinaan gerakan koperasi (Dekopinda), peningkatan kualitas SDM manajemen koperasi, dan pembinaan SDM aparatur pembina koperasi.

Sri Rahayu Wilujeng, Kabid. Kelembagaan dan Bina Usaha Koperasi memaparkan bahwa dari data tiga tahun terakhir perkembangan koperasi di Kabupaten Jember dinilai meningkat. Sampai akhir tahun 2011 jumlah koperasi mencapai 1.738 koperasi. Adanya peningkatan pembinaan dan paksanaan audit menjadikan kemampuan pelaksanaan RAT koperasi meningkat dan jumlah koperasi berkualitas/berprestasi dari tahun ke tahun semakin bertambah pula. Hingga secara umum dapat disimpulkan bahwa kontribusi koperasi dalam PAD dan keikitsertaan koperasi dalam sektor ekonomi daerah dalam rangka pembangunan ekonomi di Kabupaten Jember meningkat.

Pemberian penghargaan Kabupaten Penggerak Koperasi merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap pembangunan koperasi di daerah. Diharapkan dengan adanya reward semacam ini akan dapat menjadi motivasi dan kebanggan tersendri bagi Kabupaten Jember untuk lebih mengembangkan koperasi yang ada.(Ungu)

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *