Senin , 2 Agustus 2021

Kementerian Koperasi dan UMKM Bentuk Model Bisnis Baru

Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki merancang model bisnis baru agar pelaku UMKM dapat menyerap lebih besar Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Dana Bergulir.

“Kemenkop dan UKM sedang merancang bentuk bisnis model kemitraan UMKM,” ujarnya di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

Ia menjelaskan pendekatan baru tersebut dilakukan melalui kerja sama kemitraan antara kluster dengan usaha besar. Model bisnis itu bakal diluncurkan pada 2020 mendatang.
“OJK sudah siap, mestinya 2020 sudah bisa jalan,” kata Teten.

Menurutnya, penanganan secara kolektif akan mendorong penyerapan KUR atau dana bergulir secara efektif. Apalagi UMKM tak bisa mengandalkan modal kerja semata.

“Pak Menko Perekonomian menyampaikan pentingnya masalah pembiayaan UMKM, perlu ada penambahan tetapi tetap melalui KUR,” katanya.

Selain mengusung konsep baru, Kemenkop juga menggandeng e–commerce atau perdagangan elektronik dalam negeri. Misalnya, Go Food atau layanan antar makanan ono berhasil memperbesar volume perdagangan UMKM.

“Kita perlu kolektif jumlahnya ratusan, ribuan tapi harus ada afialisinya. Kita bisa kembangkan dengan Tokopedia, Buka Lapak, Blibli atau dengan online lain,” pungkas mantan Kepala Staf Presiden ini.

 

Sumber : Website Kementerian Koperasi dan UKM

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *