Senin , 2 Agustus 2021

Kenalkan Batik Sejak Dini

Jember, 3 November 2010. Menyambut Hari Batik Indonesia 2010, Ir. Mirfano, Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember sekaligus pemilik “Rumah Batik Rolla”  mengadakan Pelatihan Sehari Membatik untuk murid-murid SD Jember Lor 3 pada hari Sabtu 30 Oktober 2010 di tempat produksi Rumah Batik Rolla Jln. Mawar 75 Jember. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan batik sejak dini kepada generasi muda  guna melestarikan batik sebagai budaya bangsa.

Kurang lebih sebanyak 70 murid kelas 6 melihat dan mempraktekkan proses membatik dipandu oleh pengrajin Batik Jember dan beberapa guru yang mendampingi.
“Membatik merupakan salah satu materi kurikulum dalam mata pelajaran Seni Budaya dan Ketrampilan yang tujuannya adalah mengenalkan batik sejak dini untuk melestarikan budaya bangsa”, ungkap Ibu Setyo Sutami, salah satu guru pendamping.

 

Murid -murid yang dibagi menjadi 12 kelompok ini sangat antusias menyimak tiap tahap proses pembuatan batik dan bisa mencoba mempraktekkannya langsung.

Menurut Iriane, Batik Jember ini memiliki keunggulan agar bisa bersaing dengan batik dari daerah lain.Keistimewaannya adalah motif designnya mengangkat tema produk potensi daerah Jember seperti tembakau, robusta, coklat, idamami,dsb. Warna dan designnya mengikuti trend yang “fashionable” dan setiap motif memiliki makna tersendiri.

“Gallery dan tempat produksi Rumah Batik Rolla ini hanya merupakan display saja” ungkap Mirfano. Menurut beliau, design yang ditargetkan akan diwujudkan tahun 2014 adalah menjadikan lingkungan Mawar ini sebagai “Kampung Batik”, dimana setiap keluarga akan meproduksi batik di rumahnya masing-masing.

Dengan terwujudnya design kampung batik ini akan dapat menciptakan lapangan kerja, menambah jam produksi yang tentunya akan meningkatkan penghasilan masyarakat sekitar dan melestarikan batik sebagai budaya bangsa untuk jangka panjangnya.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *