Senin , 2 Agustus 2021

Koperasi-Koperasi Sinjai Belajar Pengelolaan Usaha Tembakau dari Jember

Jember, 6-September 2014. Tak kurang dari 25 orang yang terdiri dari staf Dinas Koperasi Sinjai, Sulawesi Selatan beserta Gerakan Koperasi Kab. Sinjai mangadakan studi banding ke Kab. Jember. Rombongan yang di pimpin oleh Seketaris Dinas Koperasi Kab. Sinjai Bapak Abd. Rahman ini mengunjungi beberapa koperasi di lingkungan Kab. Jember. KPRI Universitas Jember, Koperasi Batik Rolla serta yang terahir dan menjadi tujuan utama studi banding mereka adalah Koperasi Madani Utama di daerah Jubung.

Dalam sambutannya Bapak Murtdhlo memaparkan mengenai perkembangan koperasi-koperasi di kab. Jember serta merasa gembira terhadap kedatangan dari Kab. Sinjai yang melakukan kunjungan serta studi banding.

Rombongan diawali dengan kunjungan ke Koperasi Pegawai Universitas jember yang terletak di jl. Kalimantan. Di sambut oleh Ketua Koperasi Pegawai Universitas jember bapak Sugijono, SH, MH. Beserta staf dan jajaran serta anggota koperasi. KPRI Universitas jember menjadi tujuan studi banding karena memiliki beberapa prestasi membanggan seperti Koperasi Terbaik Jawa Timur tahun 2010, Koperasi dengan anggota dan asset terbesar se Kab. Jember juga pengelolaannya yang langsung di tangani oleh akademisi Universitas Jember.

Kemudian rombongan menuju Rumah Batik Rolla yang terletak di jl Mawar, di terima oleh Ibu irianechm pemilik Rumah Batik Rolla. Di sana rombongan banyak belajar tentang pengeloaan industry batik tulis dan batik cap jember. Serta corak khas batik Jember berupa daun tembakau yang merupakan produk unggulan Kab. Jember.

Terahir Rombongan mengunjungi koperasi Madani Nusantara di daerah jubung. Koperasi Madani Nusantara ini merupakan koperasi usaha dengan produk unggulan adalah cerutu. Cerutu dengan label BIN ini sudah menembus pangsa pasar luar negri diantaranya kewilayah asia timur, Timur Tengah dan sebagian eropa.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *