Minggu , 7 Maret 2021

Kunjungan Kerja Menteri Koperasi dan UKM di PT. Mitra Tani Dua Tujuh

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember mendampingi Bapak Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dalam Kunjungan Kerja ke PT Mitra Tani Dua Tujuh.
Koperasi pangan terbukti tetap bertahan di tengah dampak pandemi. Contoh saja Koperasi KSU Mitra Tani di Jember, Jawa Timur yang fokus ke komoditi edamame. Bekerja sama dengan PT Mitra Tani Dua Tujuh sebagai offtaker, produksi edamame diekspor ke berbagai negara. Ekspor edamame ke Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara timur tengah terus berjalan. MenkopUKM Teten Masduki berkesempatan untuk melihat lahan edamame dan melepas ekspor 22 ton edamame ke Jepang pada Kamis (1/10/2020).
Pengembangan koperasi pangan menjadi perhatian KemenkopUKM untuk dikembangkan mengingat banyak bahan pangan potensial di berbagai daerah.
Menurut MenkopUKM, pemerintah punya rencana besar untuk memperkuat koperasi di sektor pangan antara lain untuk komoditas sawit di Sumatera dengan 4 juta hektare lahan sawit mandiri, pilot project koperasi padi di Demak Jawa Tengah, dan koperasi pangan di wilayah perhutanan sosial. Model ini akan dikembangkan di berbagai daerah dengan komoditi tergantung potensi daerah masing-masing.
KemenkopUKM juga memberikan bantuan permodalan untuk koperasi melalui dana bergulir LPDB-KUMKM. Dengan dana tersebut diharapkan produksi terus meningkat.
Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *