Jumat , 5 Maret 2021

Menkop UKM Ajak Petani Kembangkan Model Bisnis Sirkuit Ekonomi

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengajak para petani mengembangkan model bisnis sirkuit ekonomi. ” Sirkuit ekonomi bisa dibangun lewat koperasi. Seluruh produksi mulai hulu hingga hilirnya, petani juga bisa menikmati hasil keuntungan itu. Saya ingin ajak para petani kembangkan model bisnis sirkuit ekonomi,” ujarnya mengutip siaran resminya, Senin (7/12/2020).

Teten menjelaskan model sirkuit ekonomi melalui koperasi adalah petani sebagai anggota koperasi fokus untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian. Sementara itu koperasi fokus dalam pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

Dengan begitu kata Teten, petani dan koperasi akan saling menguntungkan. Selain itu, kerja sama tersebut dinilai akan membuat roda perekonomian berjalan.

“Diharapkan ke depan petani dapat hasil panen dari hasil pertanian. Nanti sebagai anggota koperasi, menjual hasilnya ke koperasi. Koperasinya kembangkan pengolahannya dapat SHU dari hasil pengolahannya. Koperasi pasarkan juga dapat dari hasil penjualannya,” ungkapnya.

Teten juga mengajak para petani untuk memodernisasi usahanya, agar bila terjadi stok melimpah dan kualitas yang kurang, maka hasil pertanian bisa diolah dalam bentuk lain. Dengan adanya sentuhan teknologi, Teten yakin hasil pertanian akan menjadi produk makanan minuman yang memiliki nilai ekonomi.

 

Sumber : Website Kementerian Koperasi dan UKM RI

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *