Senin , 20 September 2021

Pelatihan Teknis Tehnik Kemasan Produk Makanan Olahan (Day 1)

#SobatKUMKMJember, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember mengadakan Pelatihan Teknis Tehnik Kemasan Produk Makanan Olahan bertempat di aula Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember Jl. Karimata 115 Sumbersari Jember yang berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 01-02 September 2021
Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, nilai jual bertambah agar dapat berdaya saing serta sekaligus juga dalam rangka pemberdayaan dan pembinaan UMKM di Kabupaten Jember.
Peserta pelatihan sebanyak 20 orang dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.
Pada pelatihan hari pertama dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember, Arismaya Parahita, S.P dan kemudian peserta diberikan materi pengetahuan tentang bahaya-bahaya mikro organisme yang mungkin menempel di produk makanan olahan yang disampaikan oleh Hendy Firmanto, ST, M.Sc. (dari Indonesian Coffe and Cocoa Research Institute atau Pusat Penelitian Kopi dan Kakao/ Puslitkoka).
Ia menjelaskan bahwa rusaknya makanan karena pencemaran mikroba, kontaminasi udara, ataupun personil yang tidak bersih. “Itu semua berpengaruh pada pengemasan produk makanan olahan,” jelasnya. Selain itu peserta wajib tahu material kemasan yang akan dipakai sebagai wadah produknya.

Kemasan, menurut Hendy Firmanto, selain sebagai wadah juga berfungsi sebagai proteksi dan promosi produk. “Sebagai sarana promosi kemasan memiliki peran yang besar. Apalagi saat ini, promosi yang akan dipakai pada digital marketing maka kemasan harus memilih fitur-fitur gambar yang menarik,”pungkas beliau.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *