Minggu , 7 Maret 2021

Pemkab Grobogan Akan Study Banding ke Koperasi Berprestasi di Jember

Jember, 15 April 2014. Kemarin (15/4) Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember menerima tamu dari Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Grobogan Jawa Tengah yang disambut hangat oleh Sekretaris Drs. H. Murtadlo. M.Si. Maksud kedatangan mereka adalah untuk konfirmasi terkait dengan rencana study banding pada koperasi berprestasi di Jember bulan depan.

Ir. Wiyanto, DP, Ketua rombongan menyampaikan bahwa study banding yang diagendakan pada tanggal 21 Mei 2014 mendatang rencananya akan diikuti oleh 80 orang dari 40 UMKM dan 40 koperasi Kab Grobogan yang semua pesertanya adalah perempuan. Harapannya untuk menambah wawasan peserta tentang

kelembagaan dan manajemen usaha koperasi, terutama

koperasi yang berhasil dalam pemberdayaan perempuan. Hal Ini sebagai langkah awal untuk membina hubungan kerjasama pengembangan koperasi dan UMKM yang berkelanjutan dalam hal kontak dagang, packaging dan boga.

Perempuan saat ini memang menjadi salah satu perhatian dalam pembangunan, juga dalam pemberdayaan koperasi dan UMKM. Perempuan dianggap sebagai asset yang mampu menjadi motor penggerak sumber daya ekonomi yang perlu ditingkatkan kemampuan dan peranannyaDinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember merekomendasikan 2 koperasi yang bisa dikunjungi yaitu KPRI Universitas Jember Jl, Kalimantan dan Kopwan Sekar Kartini Jl. Sriwijaya Sumbersari dan beberapa Lembaga Keuangan Mikro Masyarakat (LKMM) yang ada di Jember.

Dua koperasi ini dinilai berhasil dalam mengembangkan usahanya, tidak berfokus hanya pada usaha simpan pinjam saja, melainkan juga mampu mengembangkan unit usaha yang lain seperti pertokoan (retail), produksi, jasa dll.

KPRI Unej merupakan koperasi berprestasi yang mendapatkan penghargaan Juara I dari Gubernur Jawa Timur untuk jenis Koperasi Simpan Pinjam pada tahun 2013. Kopwan Sekar Kartini juga koperasi yang pernah meraih penghargaan baik tingkat propinsi maupun nasional. Sedangkan pembentukan LKMM di Jember atau yang dikenal sebagai Bank Gakin merupakan program inovasi yang menjadikan Kabupaten Jember sebagai nominator Innovative Government Award / IGA Tahun 2011 dari Kementrian Dalam Negeri RI (Nita).

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *