Jumat , 18 Juni 2021

PENGAWAS KOPERASI YANG BERWAWASAN

Jember, Indonesia, Untuk meningkatkan sumber daya manusia pengawas koperasi yang berwawasan maka bidang Pengawasan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia pada Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember menyelenggarakan pelatihan perkoperasian yang bertajuk “Sosialisasi Pengawasan Perkoperasian Bagi Pengawas Koperasi Di Kabupaten Jember “  pada hari Kamis tanggal 19 Juni 2014 di Rumah Makan Sumber Nikmat Jember. Sosialisasi tersebut menghadirkan 40 orang pengawas dari koperasi se Kabupaten Jember. Sebagai pemateri menghadirkan AKP. H. Siswanto, SH.M Hum, Kasubag Humas Polres Jember dengan materi Membuat Perjanjian Bagi KSP/USP Berdasarkan Hukum Perikatan sedangkan dari pihak Dinas Koperasi, UMKM Agus Edhi Susanto, SE dengan materi Pengendalian Internal Koperasi Simpan Pinjam.

Sebagai pembuka acara dibuka langsung oleh Ir. Mirfano Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember, dalam pembukaannya Ir. Mirfano mengatakan bahwa Mahkamah Konstitusi telah membatalkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang perkoperasian karena bertentangan dengan UUD 1945 oleh sebab itu Undang-undang Nomor 25 Tahun 1992 tetap berlaku. Kewenangan pengawas dalam koperasi adalah dapat memberhentikan pengurus. Indonesia merupakan negara yang memiliki pendapatan nasional tertinggi dan hal ini diperhitungkan oleh negara-negara di dunia. Sedangkan di Asia, Indonesia menjadi negara konsumen terbesar. Untuk meningkatkan daya saing maka hal yang dilakukan adalah meningkatkan sumber daya manusia dan peran pimpinan dalam suatu organisasi. Karena pemimpin merupakan penggerak perubahan dan pimpinan harus memiliki : visi dan misi, mampu memberikan motivasi dan inspirasi, mampu mendengar, mengenal bawahannya secara individu, memiliki kemampuan membela tim dan memiliki kemampuan teknis. Tugas berat pemimpin adalah melatih calon pemimpin.

Dalam meyelenggaraan acara sosialisasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia bagi pengawas koperasi sehingga dapat meningkatkan kualitas kerja pengawas untuk perkembangan koperasi yang berkualitas.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *