Sabtu , 8 Mei 2021

PENINGKATAN KUALITAS KOPERASI MELALUI BIMTEK AKUNTASI

Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember melalui bidang Pengawasan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia mengelar Bimtek Akuntasi bagi pengurus koperasi (Rabu,20 Juli 2016) di aula Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember Jalan Karimata 115 Jember. Dengan sasaran penserta adalah pengurus koperasi di Kabupaten Jember sebanyak 40 orang pengurus koperasi. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember, Ir. Mirfano.

Dalam sambutannya Ir. Mirfano mengatakan dengan adanya diklat berarti membangun ekonomi yang berarti membangun sumber daya manusia anggota dan pengurus. Ada 4 jenis pendidikan untuk menjadi pengusaha dalam hal ini usaha mikro kecil dan menengah antara lain:

1) Pendidikan sekolah dasar (SD,SMP, SMA);

2) Pendidikan profesi (SMK, Perguruan Tinggi);

3) Pendidikan Keuangan (akuntasi);

4) Pendidikan Ketrampilan (mengatasi rasa malu, mengatasi berupaya bangkit setelah jatuh).

Ir. Mirfano juga mengungkapkan bahwa sesuai janji Bupati Jember 2017 koperasi akan diberikan dana bergulir yang akan difasilitasi oleh Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember melalui UPT Pengelolaan Dana Bergulir Daerah dan dalam pengawalannya harus bersertifikasi.

Bimtek akuntasi bagi pengurus koperasi diisi dengan beberapa narasumber antara lain Yudo Minarto (Manajemen Dan Akuntasi Simpan Pinjam), Agus Edhi Susanto, SE (Sistem pengendalian Intern Koperasi), Muhamamd Zuhdi, SE (Pedoman Pelaksanaan RARK Dan RAT. Kegiatan Bimtek tersebut bertujuan meningkatkan memahaman pengurus koperasi dalam pengelola koperasi terutama dalam akuntasi perkoperasian. Dan diharapakn koperasi yang akan datang dapat berdaya saing.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *