Kamis , 4 Maret 2021

Peningkatan sarana dan prasarana perkoperasian dalam rangka kegiatan bimtek perkoperasian bagi pengurus koperasi

Jember , 27 Februari 2013. Bertempat di aula gedung Graha Bina Insani Jember, kegiatan pelatihan peningkatan sarana dan prasarana perkoperasian untuk seluruh pengurus koperasi di Kab.Jember diadakan.

Bertindak sebagai pemateri adalah ibu Dra Sartini MM dari bidang Kelembagaan dan Bina usaha Koperasi Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Jember. Beliau memaparkan tentang pentingnya administrasi yang rapi di dalam roda perjalanan sebuah koperasi . baik administrasi keuangan, keluar masuk arus kas dan barang juga administrasi anggota dan pengurus. Setiap koperasi harus memiliki catatan yang rapi terhadap data keanggotan . juga di jelaskan tata cara pengisian 16 buku pedoman koperasi.

Bapak Mirfano juga menyempatkan hadir untuk memberikan motivasi kepada para pengurus koperasi yang hadir dalam pelatihan tersebut. Beliau memaparkan bahwa dahulu Rasulullah SAW, juga berdagang. Bahkan dalam sebuah hadist “Hendaklah kalian berdagang karena berdagang merupakan sembilan dari sepuluh pintu rezeki.Al-Mughni ‘an Hamlil Asfar, Al-Hafizh Al-‘Iraqi pada hadits no. 1576 jadi didalam agama juga telah dituntun bahwa berdagang/berwirausaha seperti mendirikan koperasi adalah perbuatan yang telah di contohkan oleh Rasulullah SAW. Selain itu berwirausaha selain menyelamatkan diri dari buruh orang lain juga tentunya membuka lapangan kerja baru untuk orang lain yang membutuhkan.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *