Minggu , 7 Maret 2021

Pentingnya Pemahaman Teknis Penyusunan Laporan Usaha

Jember, 24 April 2014. Dalam kegiatan usaha, penyajian laporan yang benar dan tepat waktu akan bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi pihak pihak yang membutuhkan baik internal maupun eksternal organisasi. Transparansi pelaporan mutlak diperlukan agar bisa menjadi gambaran tentang kondisi keuangan dan perkembangan usaha yang dijalankan. Koperasi sebagai salah satu bentuk organisai yang profit oriented dituntut agar perangkat  inti  yang ada di dalamnya yaitu pengurus, pengawas dan rapat anggota bisa memahami isi laporan yang disajikan bahkan menguasai teknis penyusunannya.

Mengingat pentingnya pemahaman tersebut, Bidang Kelembagaan dan Bina Usaha Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Jember pada hari Kamis (24/4) kemarin menyelenggarakan Bimbingan Teknis Pengurus dan Pengawas Koperasi tentang Tata Cara Penyusunan Laporan

di Aula Gedung Bina Insani Jl. Mastrip Jember yang dibuka oleh Kabid. Dra. Hj. Ita setyawati,M.Si.  Bimtek diikuti oleh 70 peserta yaitu pengurus dan pengawas dari 35 koperasi berbagai jenis.

“Laporan merupakan pertanggung jawaban pengurus kepada anggota yang menyangkut dua hal pokok yaitu posisi keuangan dan perkembangan kegiatan usaha”, ungkap Agus Edhi,SE salah satu pemateri. “Laporan ini biasanya disampaikan pada Rapat Anggota Tahunan sebagai salah satu bahan evaluasi dalam mengukur kinerja pengurus dan merupakan salah satu indikator penilaian kesehatan koperasi yang bersangkutan”, lanjutnya.

Agus memaparkan bahwa pengawas juga wajib bisa memahami teknis penyusunan laporan ini karena fungsinya yang  memegang peranan penting yaitu sebagai pengendali usaha. Pengawas memiliki wewenang untuk melakukan pemeriksaan internal pengelolaan koperasi secara periodik, mengawasi kebijakan kebijakan pengurus, berhak mengusulkan kandidat pengurus bahkan  bisa memberhentikan sementara pengurus jika ada penyimpangan yang fatal.

Melalui bimtek ini diharapkan nantinya pengurus dan pengawas koperasi akan dapat berperan secara benar sesuai fungsi dan tanggung jawabnya sehingga koperasi akan mampu menyajikan laporan dengan benar  dan mampu melaksanakan RAT, RAPB tepat waktu tiap tahunnya. (Nita)

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *