Jumat , 5 Maret 2021

PENYUSUNAN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) SEBAGAI TOLAK UKUR MENINGKATAN KINERJA PEGAWAI

Jember, Indonesia. Dengan banyaknya ditemukan kelemahan pada pelaksanaan DP3 PNS maka diperlukan beberapa perbaikan dan penyempurnaan. Penyempurnaan DP3 PNS secara umum diarahkan sesuai dengan perkembangan tuntutan kualitas dalam pembinaan kualitas SDM PNS. Penilaian prestasi kerja merupakan alat kendali agar setiap kegiatan pelaksanaan tugas pokok (tupoksi) oleh setiap PNS selaras dengan tujuan yang telah diterapkan dalam Restra dan Renja organisasi. Penilaian prestasi kerja PNS secara sistematik menggabungkan antara unsur penilaian Sasaran Kerja Pegawai dengan unsur penilaian Perilaku Kerja.

 

SKP memuat kegiatan tugas jabatan dan target yg harus dicapai. Setiap kegiatan tugas jabatan yg akan dilakukan harus berdasarkan pada tugas dan fungsi, wewenang, tanggung jawab, dan uraian tugas yg telah ditetapkan dalam Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK). SKP atau Sasaran Kerja Pegawai yang  merupakan salah satu unsur di dalam Penilaian Prestasi Kerja PNS yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011. SKP wajib disusun oleh seluruh PNS/ASN baik Jabatan Fungsional Umum (JFU), Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan pejabat Struktural (Eselon I – Eselon V) sesuai dengan rencana kerja instansi/organisasi yang kemudian dinilai oleh atasan/pimpinan langsung penyusun SKP.

Untuk Jabatan Fungsional Umum (JFU) penyusunan SKP disesuaikan dengan nama jabatan yang bersangkutan dan uraian kegiatannya yang akan dilakukan selama 1 (satu) tahun dengan mengacu pada SKP atasan langsungnya . Sedangkan bagi JFT penyusunan SKP mengacu pada lampiran kegiatan yang ada pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB yang mengatur tentang jabatan tersebut dan Angka Kreditnya (AK) sesuai dengan jenjang jabatan masing-masing.

Melihat perlunya SKP bagi PNS maka Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember merasa perlu mengadakan Bimbingan Teknis Peraturan Perundang-Undangan Disiplin Pegawai Dan SKP bagi PNS dilingkungan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember. Bertempat di Rumah Makan Lestari pada tanggal 19 Januari 2015 dengan mengundang 40 PNS di lingkungan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember.Tujuan dari kegiatan tersebut adalah meningkatkan disiplin pegawai dan peningkatan pemahaman tentang SKP bagi PNS. Kegiatan tersebut dibuka oleh Sekretaris Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember Drs. H Murtadlo, Msi, dalam pembukaannya Drs. H Murtadlo, Msi mengatakan agar semua PNS di lingkungan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember mengikuti kegiatan tersebut dengan harapan PNS dapat memahami akan pentingkan SKP bagi kinerja PNS itu sendiri terlebih metode tersebut masih baru. Dengan harapan kedepan agar PNS di lingkungan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember dapat lebih meningkatkan kinerjanya.

Dengan menghadirkan narasumber dari Inspektorat, Yuliana Harimurti, SE, Msi (inspektur Inspektorat) dengan materi displin pegawai, pelanggaran disiplin dan sanksi yang kan diterima dan mekanisme pemberian sanksi. Narasumber lain yaitu dari Badan Kepegawaian Kabupaten Jember, Udy Hartanto, SP. Msi yang memaparkan proses kegiatan yang dilakukan untuk mengevaluasi tingkat pelaksanaan pekerjaan atau unjuk kerja seorang pegawai, pelaksanaan SKP, penialian SKP dan perbedaan SKP dan DP3.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *