Senin , 2 Agustus 2021

PERAN PENGURUS

PERAN PENGURUS KOPERASI SEBAGAI

PENGERAK KEMAJUAN KOPERASI

Jember, Indonesia. Secara umum, variabel kinerja koperasi yang diukur untuk melihat perkembangan atau pertumbuhan (growth) koperasi di Indonesia terdiri dari kelembagaan ( jumlah koperasi per propinsi, jumlah koperasi per jenis/ kelompok koperasi, jumlah koperasi aktif dan non aktif), keanggotaan, volume usaha, permodalan, aset, dan sisa hasil usaha. Variabel-variabel tersebut pada dasarnya belumlah dapat mencerminkan secara tepat untuk dipakai melihat peranan atau pangsa (share) koperasi terhadap pembangunan ekonomi nasional. Sebagai pelaksana amanat anggota, pengurus memainkan peran penting dalam mengawal gerak roda koperasi.Karena itu, kinerja mereka harus senantiasa dipantau dan dinilai dengan indikator yang terukur. Pengurus mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam mengarahkan seluruh aktivitas koperasi, baik yang menyangkut kelembagaan maupun usaha.

Untuk meningkatkan sumber daya pengurus koperasi dalam pegelola koperasi maka diperlukan pendidikan dan pelatihan bagi pengurus koperasi mengingat pentingnya peran pengurus koperasi bagi perkembangan koperasi. Pertumbuhan koperasi di Jember tiap tahunnya mengalami peningkatan maka peran pengurus harus lebih optimal dalam pengelola koperasi. Dengan diadakan Bimbingan Teknis akuntansi Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember melalui Bidang Pengawasan Dan Peningkatan SDM mengharapkan pengurus koperasi yang ada di Jember memiliki kemampuan menajerial koperasi sehingga kinerja koperasi meningkat. Diselenggarakan di aula PKPRI jalan Mastrip No. 6 Jember pada tanggal 6 Agustus 2015 dengan mengundang 40 pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Jember.

“ Selamat idul fitri 1 syawal 1436 H “ sambut Kepala Dinas Koperasi, UMKM (Ir. Mirfano) pengawali pembukaan acara kepada para undangan. “Koperasi merupakan lembaga yang unik karana dalam pengehalolaannya harus dilakukan secara professional oleh pengurus karena untuk mendirikan koperasi merupakan hal yang mudah akan tetapi tidak dalam pengelolaannya. Koperasi harus berbasis bisnis yang bersifat loyal “ lanjutnya. Ir. Mirfano juga mengharapkan kepada pengurus untuk lebih pengoptimalkan kinerja sebab dengan karakteristik kepimpinan dapat meningkatkan kinerja koperasi sehingga koperasi menjadi berkembang sebab peran koperasi sangat penting dalam perekonomian terutama di Kabupaten Jember.

Sebagai pemateri dari jajaran Dinas Koperasi, UMKM , Agus Edhi Susanto, SE Kasie Usaha Mikro (SPI Koperasi Melalui Analisis Keuangan Koperasi) dan H. Muhammad Zuhdi, SE Kasie Kelembagaan ( Pedoman Pelaksanaan RARK dan RAT). Dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka diharapkan sumber daya manusia pengurus dapat meningkat sehingga diiringi dengan meningkatnya kinerja pengurus.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *