Senin , 2 Agustus 2021

Perluas Promosi Melalui Toko Online

Jember, 24 Mei 2013. Teknologi informasi seperti internet yang saat ini semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktifitas, salah satunya dalam hal usaha / bisnis. Adanya pemasaran melalui media sosial ataupun website memudahkan konsumen untuk mengakses informasi produk yang diinginkan secara cepat dan didukung denga layanan bertransaksi yang mudah. Layaknya window shopping, konsumen tinggal memilih semua produk yang didisplay dan bisa kapanpun berbelanja tanpa dibatasi jarak dan waktu.

Peluang bisnis online ini juga dibaca oleh Iriane Chm, Ketua Dharma Wanita Persatuan Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember. Kreatifitas dan aneka macam produk usaha yang dimiliki anggotanya dan UKM yang ada, memunculkan pemikiran untuk menjalin kemitraan / kerjasama dengan Indosat Media Plaza (M2) Surabaya sebagai salah satu media untuk promosi.

Sebagai tindak lanjut upaya kerjasama ini, kemarin Kamis (23/5) Dharma Wanita Dinas Koperasi mengundang Ketua dan anggota IKK PTPN XII (Persero) Wilayah I (Banyuwangi ) dan Wilayah II (Jember) untuk mengikuti Sosialisasi Toko Online oleh Tim Indosat M2 Surabaya di Hotel Istana Jl. Diponegoro Jember. Program ini merupakan E market place yang dikelola oleh Indosat M2 yang didukung penuh oleh Kementrian Koperasi, UMKM RI. Dari 100 orang anggota IIK yang diundang, 75 % membawa produk usaha yang dimiliki untuk sekalian didaftarkan menjadi member.

Dalam sambutannya, Iriane berkata :”Maksud dan tujuan kerjasama ini untuk membantu pemasaran hasil kerajinan anggota Dharma Wanita dan IIK melalui Toko Online. Harapannya agar produk yang dipasarkan bisa dikenal secara regional dan nasional, sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi baik secara pribadi maupun keluarga”

Hal serupa disampaikan oleh Endang, Ketua IIK PTPN XII Wilayah I. “Produksi kerajinan ini janganlah hanya sekedar hobby, melainkan bisa menjadi suatu usaha yang dapat meningkatkan ekonomi”, imbuhnya. Beliau mengharapkan dukungan teknologi informasi ini bisa benar-benar membantu memperkenalkan semua hasil produksi anggota IIK baik hasil kerajinan maupun kuliner.

Mekanisme kemitraan pemasaran melalui Toko Online dipaparkan oleh Eric, Manajer Indosat .Dua alternatif kemitraan yang ditawarkan yaitu melalui Mitra Premium dan Mitra Toko On (verified). Dalam kerjasama mitra premium, Indosat akan membantu dalam pembuatan website pribadi sebagai etalase toko yang bebas dikelola sendiri.

Sedangkan kemitraan Toko On menawarkan kemanfaatan lain, yaitu selain disediakan etalase di Toko On untuk display produk, ada dukungan promosi oleh tim Indosat melalui pembuatan design tampilan / foto maupun deskripsi produk agar menarik dan memiliki nilai jual. Produk –produknya akan melalui proses seleksi dan verifikasi kelayakan sebelum ditampilkan. Selain itu member juga akan dibantu dalam hal transaksi pemesanan.

Melalui promosi online ini diharapkan hasil produksi yang ada akan semakin dikenal secara luas yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan omset penjualan.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *