Sabtu , 16 Oktober 2021

Provinsi Fasilitasi PKL Jember

Jember, 1 Februari 2012. Sudah sepekan ini beberapa Pedagang Kaki Lima (PKL) di sepanjang Jln. Jawa Kelurahan Sembersari memanfaatkan bantuan fasilitas sarana usaha dari APBD I Anggaran Tahun 2011. Tenda biru berderet terpasang di beberapa lokasi membuat lingkungan PKL terlihat lebih rapi. Sayangnya penataannya masih kurang tersentralisasi sehingga masih belum begitu terlihat seragam. Hal ini juga disebabkan penerima bantuan tidak bersamaan waktu berdagangnya, ada yang berjualan siang dan sebagian malam hari.

“Bantuan Provinsi berupa 20 unit tenda ukuran 3x2m, 20 unit meja dan 80 unit kursi didistribusikan oleh Dinas Koperasi, UMKM hari Kamis minggu lalu” ungkap Faruk, Kasi Bina Usaha Koperasi. Sasaran penerima bantuan ini adalah pedagang yang telah mendapatkan Bimbingan Teknis tentang Tata Kelola Usaha Bagi PKL di Hotel Bintang Mulya tgl 25-26 Oktober tahun lalu sebanyak 20 PKL.

Faruk juga mengemukakan bahwa dalam tahun anggran 2012 kelompok / paguyuban PKL yang menunjukkan kinerja baik akan difasilitasi bantuan modal oleh Provinsi. Hal ini menjadi motivasi bagi para PKL agar lebih serius dalam mengelola usahanya dan bisa semakin berkembang.

Menurut Faruk Dinas Koperasi masih akan terus mengupayakan pengusulan penambahan modal sarana serupa bagi PKL yang lain dan juga menata ulang tempat PKL yang ada agar bisa menciptakan “cluster” PKL di dalam area yang strategis. Tujuannya agar pemberdayaan PKL sebagai salah satu pelaku usaha di sektor informal dalam rangka mendorong peningkatan kesempatan kerja, mengurangi angka kemiskinan serta mendukung percepatan perekonomian daerah, sekaligus menampilkan tata ruang yang bersih dan nyaman bagi masyarakat akan terwujud.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *