Senin , 20 September 2021

Puncak Peringatan Hari Koperasi Ke -66 Prov Jatim Terpusat di Situbondo

Jember, Indonesia. Acara puncak Hari Koperasi yang ke 66 Provinsi Jawa Timur tahun 2013 dipusatkan di Kabupaten Situbondo. Situbondo terpilih menjadi tuan rumah penyelenggera karena Kabupaten ini juga memiliki banyak koperasi unggulan yang bisa ditampilkan dan bisa menjadi inspirasi bagi koperasi lainnya di Jawa Timur dan Indonesia. Minggu, (30/6) bertempat di Alun –Alun acara puncak peringatan dihadiri oleh Gubernur dan pejabat –pejabat di wilayah Jawa Timur, akademisi, investor dan masayarakat gerakan koperasi.

Berbagai rangkaian acara diselenggarakan untuk meramaikan hari koperasi tahun ini. Sebelumnya, Panitia telah menyelenggarakan Jambore Koperasi Sekolah bagi pelajar SMA, SMK dan MA di Pasir Putih. Bupati juga memfasilitasi Sarasehan Pemberdayaan Koperasi dan UMKM bertempat di Pendopo Kabupaten tanggal 29 Juni 2013 dengan menghadirkan narasumber yang memberikan sumbangsih pemikiran untuk lebih menggerakkan koperasi ke depannya. Panitia juga memfasilitasi KSP/USP/KJKS/UJKS-Koperasi Peduli Jatim bagi masyarakat yang kurang beruntung diantaranya membagikan paket sembako di daerah Bondowoso 3.000 paket tanggal 12 Juni 2013 dan di Situbondo 3000 paket bertepatan dengan puncak acara serta Pameran Pasar Rakyat selama 3 hari di Alun-alun Situbondo.

Deputi Kementerian Koperasi dan UMKM Bidang Produksi, Bramansetyo menyampaikan beberapa pesan Menteri Koperasi UMKM yang tidak bisa hadir, diantaranya ucapan Selamat Hari Koperasi yang ke -66 bagi pegiat-pegiat koperasi yang ada di Jawa Timur. Menteri berharap semoga gerakan koperasi sebagai salah satu pejuang dan pahlawan ekonomi Indonesia hari esok semakin baik.

Hari koperasi sebagai wahana introspeksi diri khususnya bagi pegiat koperasi. Momentum tahun 2012-2017 yang telah mencanangkan oleh Presiden sebagai Tahun Kebangkitan dan Revitalisasi Koperasi harus dimanfaatkan untuk pembenahan di bidang kelembagaan, usaha, permodalan dan juga kebijakan-kebijakan koperasi.

“Koperasi juga harus selalu berupaya meningkatkan kualitas SDM terutama pengurusnya dan bisa menangkap peluang bisnis serta kemitraan”, lanjut Bramansetyo dalam menyampaikan pesan Menteri Koperasi. Beliau juga menyampaikan bahwa koperasi telah terbukti mampu memeberikan kontribusi besar di pembangunan ekonomi negara dianggap sejajar dengan pelaku-pelaku ekonomi lainnya. Sehingga bagi koperasi yang sudah mampu diharapkan bisa melakukan diversivikasi usaha agar lebih berkembang dan menjadi besar.

Dalam acara puncak ini juga diserahkan berbagai penghargaan dari Menteri Koperasi, UKM RI bagi koperasi dan UKM yang berprestasi. Kabupaten Jember juga mengukir prestasi dengan diraihnya UKM Award oleh UKM Batik jember (Rumah Batik Rolla) dengan kategori Pelestari Budaya. Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember yang juga hadir dalam acara tersebut mengaku bangga karena UKM binaannya telah mampu membuktikan prestasi ber skala nasional.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *