Jumat , 18 Juni 2021

Pusat Layanan Usaha Terpadu PLUT KUMKM

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov Jatim berkesempatan hadir dalam Rapat Evaluasi PLUT yang dilaksanakan Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha kemarin hari Rabu 8 Januari 2020 bertempat di Ruang Rapat Bung Hatta . Hadir dalam acara ini Kepala Dinas atau yang mewakili, Pengelola dan Pelaksana PLUT dari Pacitan, Kota Batu, Kab. Malang, Kabupaten Tulungagung dan Jember.

Keberadaan PLUT di daerah merupakan Program Kementerian Koperasi dan UKM R.I. sejak tahun 2013 yang dalam pelaksanaan selanjutnya memerlukan dukungan dari Pemerintah Daerah setempat. PLUT diharapkan menjadi “agen strategis yang berkualitas untuk pengembangan Koperasi dan UKM di Jawa Timur. Untuk itu PLUT dapat dipergunakan sebagai pusat kegiatan pembinaan KUMKM di Kabupaten / Kota”, Purnomo Hadi ingatkan.

“Telah terbangun sinergitas PLUT Pacitan dengan Bumdes di  Desa Donorejo, Desa Kalak, Desa Ketro, Desa Pucangombo, Desa Sooka dan Desa Wonogondo. Dengan harapan membangun Indonesia dari pinggir”, urai Eny Setyowati – Kepala Dinas Koperasi dan UM Kab. Pacitan.

Demikian juga dengan PLUT Tulungagung yang berlokasi di Jl. Raya Ngantru juga telah bersinergi dengan lembaga perbankan (BRI, BNI dan Bank Jatim ), PT Telkom Indonesia, PT INKA, Perum Pegadaian dan PT PNM”, Slamet Sunarto – Kepala Dinas Koperasi dan UM Kab. Tulungagung menjelaskan.

Demikian juga PLUT lainnya telah bersinergi baik dengan stakeholder.

“Skema Pentahelix akan diiplementasikan untuk pengembangan KUMKM Jawa Timur dengan melibatkan akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media”, arahan Purnomo Hadi selanjutnya.

Mengakiri arahannya, “ke depan harus terbangun sinergi PPKL – Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan yang ada di Dinas Koperasi dan UM Kabupaten / Kota dengan lembaga PLUT ini”.

Sumber : Website Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *