Jumat , 5 Maret 2021

Rakortekcan Pemberdayaan KUKM Di Jawa Timur Tahun 2020

Pemberdayaan Koperasi dan UMKM merupakan bagian integral dalam pembangunan nasional yang bertujuan mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Di samping itu, pemberdayaan Koperasi dan UMKM memberikan gambaran nyata terlaksananya pembangunan ekonomi berbasis kerakyatan. Untuk itu dalam rangka melakukan sinkronisasi program dan kegiatan untuk pengembangan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur Tahun 2021, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pemberdayaan Koperasi Dan UKM Di Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, dari tanggal 12 s/d 13 Maret 2020 bertempat di Amarta Hills Hotel & Resort Kota Batu.

Dalam laporan Panitia yang disampaikan oleh Plt Sekretaris Dinas, Drs. Achmad Basuki, M.Si, disebutkan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk mewujudkan sinergi antara Pemerintah Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat serta terinformasikan program kegiatan prioritas Provinsi dan Pusat yang dapat diakses untuk diusulkan oleh Kabupaten/Kota dalam rencana kerja tahun 2021.

Membuka kegiatan ini adalah Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jatim Dr. Mas Purnomo Hadi, MM.  Dalam arahannya Mas Purnomo Hadi memohon masukan dan saran dari Dinas Koperasi dan Bappeda Kabupaten/Kota untuk usulan program pembangunan Koperasi dan UKM tahun 2021, “data yang didapat kemudian ditabulasi, direkap apa saja permasalahan yang dihadapi untuk kemudian dicari bersama-sama solusi atas permasalahan yang terjadi”, demikian tutur Kepala Dinas. Lebih lanjut Mas Purnomo Hadi menyampaikan bahwa perlu koordinasi dan komunikasi yang baik antara semua lintas sektor dalam perencanaan program kegiatan tahun 2021, “dalam Nawa Bhakti Satya Ibu Gubernur, tugas pokok dan fungsi Dinas kami masuk pada Bhakti ke-7 (tujuh) yaitu Jatim Berdaya, kita harus bicara berdasarkan data, bekerja  dengan rencana, kualitas kelembagaan Koperasi menjadi hal yang sangat penting, lebih baik meningkatkan kualitas dari Koperasi yang ada daripada meningkatkan kuantitas jumlah Koperasi, tidak ada artinya jika jumlah Koperasi banyak tetapi kualitas rendah, lebih baik jumlah sedikit tetapi kualitas tinggi, karena itu produktifitas tinggi”, demikian lanjut Kepala Dinas. Menutup sambutannya Mas Purnomo Hadi menuturkan bahwa dengan semua fasilitasi dan program yang telah diberikan oleh Pemprov Jatim untuk mensupport perkembangan KUMKM di Jawa Timur maka diharapkan peran serta Kabupaten/Kota untuk turut serta menyukseskan program-program tersebut  “melalui semua yang hadir pada kegiatan ini saya harapkan kerja samanya untuk menyampaikan dan membina teman-teman KUMKM Kabupaten/kota di Jawa Timur melaui program-program yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Saya mohon sinergi yang baik untuk pendataan dan perencanaan ini harus dimulai dari awal supaya hasilnya terukur, baik dari IKU (Indeks Kinerja Utama), maupun IKK-nya (Indeks Kinerja Kunci), harus bisa diukur dengan jelas”, demikian pungkas Kepala Dinas.

Jumlah peserta kegiatan sebanyak 76 (tujuh puluh enam) orang yang terdiri dari Bidang Ekonomi Bappeda Kabupaten/Kota se-Jawa Timur dan Sub Bagian Penyusunan Program pada Dinas yang membidangi Koperasi dan UMKM Kabupaten/Kota se-Jawa Timur. Sedangkan narasumber yang hadir pada kegiatan ini adalah :

  1. Catur Susanto, S.AB., M.AB, Kepala Bagian Data, Biro Perencanaan pada Kementerian Koperasi dan UKM RI, yang menyampaikan paparan tentang “Program Prioritas Kementerian Koperasi dan UKM Tahun 2021”;
  2. Nuraeni Widiastuti, SE., M.Si, Kepala Sub Bidang Pariwisata, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dari Bappeda Provinsi Jawa Timur yang menyampaikan paparan tentang “Program Prioritas Pemberdayaan Koperasi dan UKM (Jangka Menengah dan Jangka Pendek)”

 

Sumber : Website Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *