Jumat , 26 Februari 2021

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) KOPERASI SEBAGAI KEWAJIBAN BAGI SETIAP KOPERASI

Setiap Koperasi wajib melakukan rapat tahunan anggota setelah tahun bukunya berakhir.  Sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.  Dengan bertajuk Bimbingan Teknis Percepatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember melalui bidang Kelembagaan dan Bina Usaha Koperasi menyelengarakan Bimbingan teknis percepatan RAT bagi pengurus koperasi pada hari Senin tanggal 23 Februari 2015 bertempat di Rumah Makan Sumber Nikmat Jalan KH. Agus Salim 23 Jember dengan menghadirkan 70 pengurus koperasi yang terdiri dari KUD, Koppontren dan koperasi lainnya. Tujuan kegiatan tersebut adalah agar koperasi agar segera melaksanakan kewajibannya yaitu RAT.

Dalam pembukaannya Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember Ir. Mirfano mengatakan dari 150 Koppotren yang ada di Jember hanya 10 % yang telah menyelengarakan RAT hal ini karena pola pembinaan yang berbeda. Sedangkan bagi KUD yang belum aktif agar lebih aktif lagi dalam mengelola koperasi. Pembubaran koperasi ada 2 yaitu : 1) Pembubaran oleh pemerintah 2) Pembubaran oleh anggota. Koperasi di Jember mempunyai potensi untuk dikembangkan terutama dalam hal permodalan sangat membantu bagi para pengusaha dalam hal permodalan karena perbankkan tidak bisa mencukupi dalam memberi permodalan bagi pengusaha yang ada di Jember. Ir. Mirfano juga mengingatkan agar untuk menjualan harus dengan cara biak sesuai dengan perintah nabi. Dan 60 % dari menjalankan sutau organisasi ditentukan oleh pemimpin. Jadi pemimpin merupakan jantung dari sauatu organisasi dan pemimpinlah yang harus memberikan motovasi untuk mengatasi masalah yang ada oleh sebab itu maka diperlukan kecerdasan. Agar koperasi mendapatkan bantuan haruslah melaksanakan RAT terlebih dahulu sebagai kewajibannya.

Kegiatan tersebut diisi dengan materi Pertanggung jawaban pengurus koperasi oleh Agus Edhi Susanto, SE kasie Usaha Mikro dan materi Teknis penyelengaraan RAT Koperasi oleh M. Faruk, SE Kasie Bina usaha Koperasi. Dalam paparannya Agus mengulas tentang tujuan dari laporan pengurus adalah untuk menyediakan informasi yang berguna bagi pemakai utama dan pemakai lainnya. Sedangkan M. Faruk juga memaparkan tentang pengertian dan latar belakang pelaksanaan rapat anggota, Dasar hukum rapat anggota, Rapat anggota tahunan, Teknis pelaksanaan rapat anggota tahunan koperasi, Lay out/ tata ruang rapat.

Dari kegiatan ini diharapkan koperasi segera melaksanakan kewajibannya sesuai dengan tahun bukunnya dan dapat melaksanakan pada setiap tahunnya dan untuk kedepannya pengurus lebih aktif lagi dalam mengelola koperasinya sehingga percepatan RAT koperasi bisa dilaksanakan tepat pada waktunya.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *