Jumat , 18 Juni 2021

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) TAHUN BUKU 2014 KOPERASI MANDIRI

Rapat Anggota merupakan syarat bagi badan usaha yang bernama koperasi. Rapat anggota koperasi Indonesia dialakukan minimal 1 tahun sekali yang disebut sebagai RAT. Rapat anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam Koperasi sesuai yang tercantum dalam UU No 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Rapat anggota koperasi menetapkan 1) Anggaran dasar 2) Kebijakan umum dibidang organisasi dan usaha koperasi 3) Pemilihan, pengangkatan, pemberhentian pengurus dan pengawas 4) Rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi serta pegeesahan laporan keuangan 5) Pengesahan pertanggung jawaban pengurus dalam pelaksanakan tugasnya 6) Pembagian Sisa hasil usaha 7) Penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi. Untuk melaksanakan kewajibannya maka Koperasi Mandiri yang ada di Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember melaksanakan RAT yang merupakan agenda tahunan.

Bertempat di aula Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember Jalan Karimata 115 Jember pada tanggal 20 Februari 2015 Koperasi Mandiri melaksanakan kewajibannya dengan menyelengarakan RAT Tahun Buku 2014 dan RAPB tahun 2015. Acara diawali dengan laporan dari ketua koperasi Ach. Zuhdi, SE, dalam laporannya Ach. Zuhdi, SE mengatakan sudah mengupayakan untuk meningkatkan kesejahteraan anggota. Edy Sudarso Ketua PKPRI dan Dekopinda Jember sebagai tamu undangan mengatakan bahwa peningkatan koperasi harus ada kerjasama dengan pihak lain diantaranya Dekopin. Pemerintah dan gerakan mempunyai sutu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam hal ini Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember dan PKPRI. Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember Ir. Mirfano dalam sambutannya mengatakan Dekopin daerah dibaiya sendiri. Ir. Mirfano juga mengucapkan terima kasih kepada pengurus karena telah memberikan manfaat bagi anggotanya dan kepada anggota diharapkan terus mengikuti jalannya rapat sampai dengan selesai. Dan para anggota dalam memberikan kritik yang memberikan solusi. Koperasi Mandiri dijadikan potret bagi koperasi lainnya untuk itu harus dikelola dengan baik.

Rapat berjalan lancar dan dicapai mufakat. Sebagai acara hiburan oleh pengurus disediakan door price dengan hadiah utama televisi 24 Inc bagi anggota koperasi. Diharapkan kedepan RAT tahun depan lebih baik lagi dan terjalin kerja sama yang baik antara pengurus dan anggota sehingga tercipta asas manfaat.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *