Senin , 2 Agustus 2021

SARASEHAN

SARASEHAN REGIONAL PERKOPERASIAN

Jember. Indonesia. Memeriahkan HUT Koperasi ke 68 Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember mengagendakan beberapa acara diawali dengan Sarasehan Regional Perkoperasian (12/8/2015) dengan tema Kesiapan Koperasi Menyambut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) diselenggarakan di rumah makan Sumber Nikmat. Dengan menghadirkan 100 pengurus koperasi yang ada di Kabupaten Jember.

Acara Sarasehan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Ir. Mirfano. Dalam pembukaannya Ir. Mirfano mengatakan kesiapan koperasi dimasa akan datang dalam menghadapi MEA yang dimulai 1 Januari 2016 untuk itu koperasi haruslah mempunyai 1) koperasi harus bernilai bisnis yaitu bersifat profesional, transparan dan akuntable, diharapkan loyalitas dan sosialitas fungsi 2) Koperasi harus berbasis pada anggota karena kekuatan koperasi terletak pada anggota 3) Koperasi yang berpola investasi. “ Pilar bisnis masa depan antara lain pengetahuan, jaringan, sosial budaya dan energi (listrik, BBM, dll)” lanjutnya.

Sebagai narasumber Prof. DR. JG.Nirbito, MPd dengan materi Aktualisasi Jati Diri Dalam Pengembangan Usaha Koperasi Guna Persiapan Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan narasumber kedua DR. Fahtorozi dari Universitas Jember dengan meteri Memperkokoh Koperasi Sebagai Sokoguru Perekonomian Indonesia.Prof. DR. JG.Nirbito, MPd dalam meterinya menyampaikan kekuatan koperasi dari jati diri dan jati diri harus diaktualisasi bukan hanya menjadi wacana. Menjadi orang koperasi haruslah bangga .Harus ada kerja sama yang bersinergi antara pemerintah, koperasi dan Dekopin karena satu sama lain saling membutuhkan.

Dengan adanya sarasehan ini diharapkan kedepan koperasi sudah siap menghadapi MEA tahun depan sehingga koperasi tetap menjadi sokoguru perekonomian Indonesia dan sarasehan ini bisa bisa dapat dirasakan manfaatnya bagi koperasi menghadapi tantangan-tantangan dimasa depan.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *