Sabtu , 16 Oktober 2021

Sebelas PPKL Siap Bantu Pembinaan Koperasi dan UMKM di Jember

Jember, 27 Juli 2012 . Sebanyak 11 orang Petugas Penyuluh Koperasi Lapangan (PPKL) yang baru saja direkrut oleh Kementerian Koperasi, UMKM RI untuk wilayah Kabupaten Jember, hari ini Jum’at (27/7) melakukan rapat koordinasi dengan Dinas Koperasi UMKM setempat. Rapat ini memfokuskan persiapan pelaksanaan dan pembagian wilayah kerja PPKL di 31 Kecamatan yang ada di Kabupaten Jember.

Peran PPKL ini sangat penting, mengingat kebutuhan adanya pembinaan, penyuluhan, konsultasi, dan supervisi kepada koperasi-koperasi sangat diperlukan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap koperasi.

Mirfano, Kepala Dinas Koperasi menyampaikan bahwa PPKL dalam melaksanakan tugasnya harus berkoordinasi dengan Kepala wilayah (Camat) setempat dan petugas dari Dinas Koperasi terutama bidang Kelembagan dan Bina Usaha Koperasi selaku Koordinator.

Menutut beliau, PPKL harus memahami betul tentang perkoperasian terutama tata cara pendirian koperasi , pembuatan Badan Hukum, dan memiliki database koperasi dan UMKM yang ada.

Hasil rapat ini menetapkan tiap PPKL akan melakukan pembinaan koperasi di 2-3 Kecamatan yang wilayah tugasnya (rayonering) akan dirolling setiap 3 bulan sekali. Dijadualkan PPKL akan berkoordinasi dengan Dinas koperasi tiap hari Senin, pada hari selasa – Kamis di lapangan, dan melakukan evaluasi serta konsultasi pada hari Jum’atnya.

Hasil monitoring dan evaluasi perkembangan kinerja koperasi dan UMKM termasuk LKMM akan dilaporkan secara rutin pada Dinas Koperasi Kabupaten dan Provinsi derta Kementerian Koperasi, UMKM RI.

Ruliyati , Sekretaris Dinas Koperasi menambahkan : “Tugas PPKL intinya adalah pemberdayaan koperasi dan UMKM, menginventarisir permasalahan yang ada di lapangan, melakukan pembinaan dan konsultasi, dan melaksanakan tugas-tugas lain dari Koordinator“. Rulliyati mengharapkan dengan adanya PPKL ini akan dapat meningkatkan efektifitas dan profesionalisme pembinaan kelembagaan dan usaha koperasi, UMKM di Kabupaten Jember .

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *