Sabtu , 16 Oktober 2021

SINGKRONISASI DAN KOORDINASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PRGRAM KOPERASI DAN UMKM KAB. JEMBER

Jember 6-oktober-2014. Sebanyak 400 koperasi dan UMKM se kabupaten jember mengikuti kegiatan singkronisasi dan koordinasi pelaksanaan kebijakan program koperasi dan UMKM di Hotel Bintang Mulia. Hadir sebagai pembicara Dr. M. Fathorrazi, M.Si dekan Fakultas Ekonomi Universitas Jember selain itu juga dari Dinas Koperasi dan UMKM. Dr. Murtadlho M.Si dan Drs. Fuad Ahmad.

Kegiatan ini di maksudkan untuk menyelaraskan pemahaman serta meningkatkan daya saing Koperasi dan UKM di lingkungan Kabupaten Jember dalam menyongsong pasar bebas Asean (MEA) 2015.

Seperti yang tertuang dalam undang-undang tujuan koperasi adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945. Untuk itu, koperasi dan UKM patut perhatian agar benar-benar siap dalam menjadi soko guru perekonomian Nasional terutama dalam menghadapi pasar bebas asean.

Dalam pemaparannya Dra. Ita Setyawati M.Si (Kepala Bid. Kelembagaan dan Bina Usaha Koperasi) pentingnya pengusaha local baik koperasi, UKM atau pelaku usaha lainnya dalam memantabkan diri menghadapi era persaingan bebas. Sudah saatnya pelaku usaha untuk merevitalisasi kualitas produknya, sumber daya manusia yang mumpuni (seperti pengusaan bahasa internasional) juga memperbaharui manajemen dalam organisasi perusahaannnya.

Terbukannya pasar bebas asean memiliki keuntungan dan peluang besar bagi para pelaku local yang ingin memasarkan produk mereka dalam skala yang lebih luas.

Koordinasi dan kerjasama antar pelaku usaha lokal dan pemerintah sangat diharapkan untuk mendobrak daya saing kita menghadapi MEA 2015.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *