Sabtu , 8 Mei 2021

Siswa SLB Bintoro Belajar Membatik

“Keterbatasan fisik bukan suatu alasan untuk tidak bisa menjadi seperti orang lain”

Jember, 25 November 2010. Dalam sepekan ini kurang lebih sebanyak 12 siswa  dari  Sekolah Luar Biasa (SLB) Bintoro Jln. Branjangan No. 1 Bintoro berlatih membatik di tempat  produksi Batik Jember  “Rumah Batik Rolla” Jln. Mawar.75 Jember, salah satu tempat pengrajin batik di jember yang  kebetulan dikelola oleh Ir. Mirfano, Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember.

Pelatihan  yang di mulai hari senin ta nggal 22 kemarin rencananya akan berlangsung selama seminggu sampai hari Sabtu tanggal 27 Nopember 2010.  Meskipun memiliki keterbatasan fisik, para siswa SLB  Bintoro dengan penuh semangat belajar ingin menguasai ketrampilan warisan budaya bangsa ini.

Ibu Fitri, salah satu  Guru SLB Bintoro yang turut mendampingi  menyampaikan  bahwa  pelatihan ketrampilan  membatik ini diprioritaskan   untuk siswa  dari dari Kelas A Tuna Netra dan Kelas B Tuna Rungu. Tuna netra  yang diikut sertakan adalah tuna netra low vision yang masih mampu melihat tapi jarak dekat. “Membatik merupakan ketrampilan yang saat ini juga mulai kami kenalkan selain ketrampilan bordil yang selama ini kami ajarkan ”, imbuh bu Fitri.

Mirfano sangat optimis dengan hasil dan manfaat pelatihan yang mereka adakan. Beliau mengharapkan siswa SLB ini akan memiliki ketrampilan khusus yang bisa menjadi bekal untuk kehidupan mereka  kelak. Dari tangan-tangan mereka diharapkan juga bisa tercipta hasil karya yang membanggakan.

Semua pembatik yang bekerja juga dengan senang  hati menyambut kedatangan siswa ini untuk belajar. Mereka dengan telaten mendampingi, membantu, mengajari dan mengarahkan para siswa  di setiap proses membatik yang dilakukan.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *