Senin , 2 Agustus 2021

Sosialisasi Perda no 6 tahun 2011, Koperasi dan UMKM di Jatim Akan Terus Di Bina

Komisi B dari DPRD Jawa Timur kembali menggelar acara sosialisasi Perda no 6 tanun 2011 yang membahas mengenai Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di wilayah Jatim. Acara sosialisasi untuk yang ke sekian kalinya ini diadakan di  Graha Zabalnur Homestay, yang beralamat di  jalan  Jambangan Kebon Agung 76 Surabaya pada Sabtu (28/2) yang lalu.

Di mulai dari pukul 09.00 wib, acara ini dihadiri sekitar 100 undangan dari unsur pelaku UKM, penggiat koperasi, Disperindag Kota Surabaya dan Diskop Kota Surabaya. Ada 3 orang narasumber yang menyampaikan materi pada kesempatan ini. Mereka adalah Drs.Zainal Arief, MM dari Diskop Jatim, yang membawakan materi berjudul Pemberdayaan Koperasi dan UMKM, kemudian pembicara kedua Drs. Zainal Arifin, MM, Dirut PUSKUD Jatim dengan materi Pemberdayaan Koperasi dan UMKM di Jawa Timur Menghadapi MEA 2015 dan pembicara terakhir adalah Farid A dari Bank UMKM Jatim yang menyampaikan materi berjudul Kegiatan Bank UMKM Jatim Dalam Pemberdayaan UMKM di Jatim.

Dalam pemaparan makalahnya itu Zainal Arief menyampaikan jika Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Timur akan terus membina dan meningkatkan koperasi dan UMKM yang ada di wilayah Jatim ini. Apalagi tercatat pada akhir tahun 2014 kemarin jumlah koperasi di Jatim sudah mencapai 30.866 unit.

”Perda no 6 tahun 2011 ini memang luar biasa. Dan sepertinya baru ada di Jawa Timur saja. Di provinsi lain belum ada. Untuk itu kita harus mengapresiasi perda ini. Kami dari Dinas Koperasi dan UMKM provinsi Jawa Timur akan giat untuk terus membina koperasi dan UMKM yang ada di sini. Jika jumlah koperasi di Jawa timur sudah mencapai 30.866 unit, maka jumlah pelaku usaha UMKMnya juga meningkat tajam. Lima tahun lalu skala usahanya hanya ada sekitar 85% saja, maka pada tahun kemarin saja sudah mencapai 95,72%. Ini sungguh membanggakan. Untuk itu akan kami bina terus untuk ke depannya,”kata Arief sesi pemaparan makalahnya.

sumber : Dinas Koperasi UMKM Jawa Timur

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *