Sabtu , 8 Mei 2021

YANG MUDA YANG BERSEMANGAT

Pengertian Keperasi menurut UU Nomor 25 Tahun 1992 adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan prinsip prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang bedasarkan atas azas kekeluargaan. Koperasi menjadi salah satu bentuk lembaga yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Begitu besar manfaat koperasi yang dirasakan masyarakat oleh sebab itu perkembangan koperasi perlu ditingkatkan agar manfaatnya lebih dirasakan oleh masyarakat khususnya anggota koperasi. Perkembangan koperasi di Jember setiap tahunnya meningkatnya pada akhir bulan Desember 2014 mencapai 1.846 unit koperasi akan tetapi yang kondisi aktif hanya 1.002 unit koperasi dengan anggota mencapai 88.019 orang. Dengan perbandingan tersebut maka dapat dilihat minat masyarakat masih kurang untuk berkoperasi dibandingkan dengan jumlah penduduk di Jember yang mencapai 2.500.000 jiwa pada tahun 2014.

Kurang minatnya masyarakat untuk berkoperasi mendorong Dinas koperasi, UMKM Kabupaten Jember bidang Kelembagaan Koperasi menyelenggarakan Sosialisasi Gerakan Masyarakat Sadar Koperasi (Gamaskop) pada tanggal 08 sampai dengan 09 April 2015 di Rumah Makan Sumber Nikmat dengan mengundang 70 siswa SMU dan 70 mahasiswa. Tujuan kegiatan tersebut adalah agar terbentuk institusi koperasi baik di sekolah maupun perguruan tinggi yang berbasis Koperasi Siawa (Kopsis) dan Kopma (Koperasi Mahasiswa). Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM Kabupaten Jember, Ir. Mirfano. Dalam pembukaannya Ir. Mirfano mengatakan bahwa cukup banyak koperasi yang tidak aktif di Kabupaten Jember. Dan sudah terbentuk kurang lebih Bank Gakin yang tersebar diseluruh dusun di Kabupaten Jember guna memerangi rentenir. Kurang dari 1 % penduduk Jember yang menjadi anggota koperasi karena kurang minatnya masyarakat untuk berkoperasi. Hal ini disebabkan karena koperasi merupaka lembaga yang unik karena membutuhkan kemampuan manajerial dan dalam menjalankannya harus melalui musyawarah. Koperasi merupakan alternatif pembiayaan dan koperasi dimasa depan adalah koperasi yang loyal dan disiplin. Investasi merupakan salah satu faktor dalam pertumbuhan pembangunan.

Antusias peserta dalam mengikuti kegiatan tersebut menjadi memacu untuk pertumbuhan koperasi yang akan datang. Sebagai pemuda penggerak masa depan harus dipupuk untuk kemajuan koperasi. Dengan ide-ide yang tumbuh juga diharapkan pertumbuhan koperasi meningkat dan manfaatnya lebih dirasakan.

Bagikan Ke:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *